Berikut ini beberapa perlengkapan
kantor (Office Stationary) yang sering digunakan dalam
perusahaan :
1. Kertas
Kertas
merupakan salah satu perlengkapan kantor yang dibutuhkan untuk menulis,
mencetak maupun menggambar. Bagi banyak perusahaan, kertas memiliki banyak
kegunaan sehingga kertas hampir menjadi kebutuhan pokok untuk menopang
aktivitas kantor. Kertas yang umum digunakan untuk perlengkapan kantor ini
biasanya jenis HVS (Houtvrij schrijfpapier) ukuran
A4 (21 cm x 29.7 cm) dan F4/folio (21.6 cm x 33 cm), dengan ketebalan
mulai dari 70-100 gram.
2.
Pensil dan Penghapus
Pensil
merupakan salah satu perlengkapan kantor yang dapat digunakkan sebagai sarana
menulis maupun menggambar untuk mengungkapkan beberapa ide ataupun gagasan
diatas kertas. Sifatnya yang fleksibel (mudah digunakan dan dihapus)
pensil sering dipakai dalam perancangan yang belum final
(sementara), berbagai pemikiran yang ada bisa diungkapkan diatas
kertas dan dapat dihapus jika tidak diperlukan. Ada banyak jenis dan ukuran
pensil yang bisa digunakan, secara umum pensil yang sering dipakai
adalah yang berukuran HB dan 2B. Perbedaan ukuran ini terletak pada
pekat-tidaknya goresan yang dihasilkan. Untuk beberapa kebutuhan tertentu
(misalnya desain dan arsitek), beberapa perusahaan ada yang menggunakan pensil
jenis mekanik yang memiliki ukuran ketebalan yang stabil.
Aneka
jenis ketebalan pensil
3. Pulpen
Pulpen
(dari bahasa Belanda: vulpen)
adalah peralatan yang sering digunakan untuk menulis di atas kertas.
Alat ini berupa mata pena berujung tajam yang dilengkapi pegangan berisi
kantong tinta yang bisa diisi kembali. Dalam perkembangannya, alat tulis
ini tersedia dengan berbagai varian seperti Pulpen fountain, Pulpen Ballpoint, pulpen gel, Pulpen Rollerball dan Pulpen Hi-Tecpoint. Masing-masing varian pulpen memiliki
tingkaan harga dan kualitas yang berbeda, beberapa kalangan pebisnis pulpen
bisa menjadi salah satu hal yang dapat meningkatkan citra personal.
4.
Tipe –X
Tipe-X
merupakan sebuah alat yang lazim digunakan untuk menghapus tulisan di atas
kertas yang ditulis dengan pulpen ataupun hasil print-out.
Tipe-X ini berbentuk cairan putih yang biasanya dikemas
dalam botol kecil dengan ujung botol meruncing yang juga berfungsi sebaga
landasan untuk menghapus.
5.
Penjepit kertas
Penjepit
kertas atau yang sering disebut paper-clip adalah
perlengkapan kantor yang berguna untuk menyatukan lembaran kertas untuk
jangka waktu sementara. Paperclip memiliki
bentuk kecil dengan beragam warna yang bisa mudah dilepas.
aneka
jenis dan bentuk Paper-Clip
Selain Paper-clip yang terbuat dari kawat yang
dibengkokkan, ada juga jenis penjepit kertas lain yang digunakan untuk
menyatukan kertas dengan jumlah yang lebih banyak. Penjepit
kertas jenis ini biasa disebut Binder-clip,
memiliki ukuran yang lebih besar dan daya jepit yang lebih kuat.
Binder-clip dengan
berbagai ukuran
6.
Tinta printer
Ada
banyak sekali jenis tinta printer yang bisa digunakan untuk mencetak berbagai
keperluan kantor, penggunaan jenis tinta sangat tergantung dengan kebutuhan
mesin printer yang digunakan. Beberapa jenis printer biasanya akan menggunakan
tinta yang berbeda, misalnya printer Dot Matrix akan
berbeda kebutuhan tintanya dengan printer jenis Inkjet
Printer, LaserJet, maupun Thermal printer. Secara
umum tinta printer memiliki 4 warna primer sesuai standar cetak, yakni Cyan, Magenta, Yelow dan Key/Black (CMYK). Perbedaan
jenis tinta printer biasanya juga akan mempunyai hasil dan kualitas yang
berbeda juga.
macam
warna tinta printer
7. Flashdisk, Memory-card dan Eksternal Hardisc
Alat-alat ini berfungsi untuk
penyimpanan data-data digital selain di komputer. Selain untuk media
penyimpanan juga berfungsi untuk memindahkan data-data digital dari komputer
satu dengan komputer lainnya. Perlengkapan kantor yang berupa Flashdisk, Memory-card dan Eksternal Hardisc ini memiliki kapasitas
yang berbeda-beda.
aneka
ragam media penyimpanan digital
8.
Tempat Kartu Nama
Kartu
nama merupakan benda kecil yang berguna sebagai media promosi dan sekaligus
sebagai kartu identitas yang mewakili perusahaan. Selain dapat dibawa
kemana-mana untuk menjalin relasi, kartu nama biasanya juga selalu ada di meja
kantor dengan wadah khusus. Tempat kartu nama bisa beragam bentuk dan bahan
yang digunakan, mulai dari bahan mika, kayu, logam dan lain sebagainya.
9.
Kop Surat
Bagi
perusahaan yang ingin usahanya berkembang dan terus maju, kop surat menjadi
salah satu perlengkapan kantor yang harus disediakan guna memenuhi kebutuhan
korespondensi kantor. Kop surat selain bisa sebagai alat untuk menunjukkan
identitas perusahaan, perlengkapan ini juga efektif digunakan sebagai media
promosi melalui surat.
10.
Amplop
Amplop
menjadi salah satu perlengkapan kantor yang berguna untuk membungkus surat.
Selain berfungsi sebagi pembungkus amplop ini juga bisa digunakan sebagai media
promosi dan meningkatkan citra perusahaan melalui surat. Amplop yang
difungsikan sebagai branding usaha biasanya akan dibuat dengan desain yang
menarik agar mampu memunculkan kesan yang baik bagi penerimanya. Berbagai bahan
dan bentuk bisa dieksplorasi agar mampu tampil beda dengan amplop yang dimiliki
perusahaan pesaing.
11.
Stop Map
Stopmap
merupakan salah satu perlengkapan kantor yang digunakan untuk menyimpan kertas
ataupun dokumen agar tidak terlipat atau tertekuk. Stopmap atauu
yang sering disebut dengan sebutan Map atau folder juga
bisa digunakan untuk mengklasifikasikan setiap dokumen berdasarkan
kategori yang berbeda, perlengkapan ini sangat membantu mengorganisir
kertas dokumen. Stopmap biasanya terbuat dari plastik atau kertas
tebal yang juga bisa difungsikan sebagai cover sebuah dokumen, Tidak ada ukuran
baku dalam membuat stopmap, secara umum memiliki ukuran yang teah disesuaikan
dengan ukuran kertas A4 atupun F4. Bagi banyak perusahaan stopmap banyak
dimanfaatkan juga sebagai alat promosi, dicetak dengan teknik fullcolor yang menampilkan identitas brand atau corporate identity perusahaannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar